Perkembangan Media Belajar Guna Menyongsong Pembelajaran Berbasis IPTEK di Era Society 5.0

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Ainun Fitriya Nurhasanah
  • Nur Elizah
  • Amalia Rosyida Indriyani

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat sekarang ini

menyebabkan perkembangan dalam dunia pendidikan. Di era seperti sekarang ini,

proses dari belajar mengajar telah banyak mengalami perubahan yang cukup

signifikan. Proses belajar mengajar sekarang banyak menekankan kompetensi

proses yang membutuhkan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran

sekiranya harus dirancang secara baik dan kreatif dengan selalu banyak

memanfaatkan teknologi-teknologi yang memungkinkan peserta didik lebih giat

untuk belajar sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kompetensinya. Pada era

society 5.0 yang merupakan era pengembangan dari revolusi industri 4.0, dimana

dalam era ini sendiri pelajar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dan

tantangan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai perkembangan

ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Untuk itu perlu pengembangan IPTEK

guna mempersiapkan pelajar 5.0 yang tidak hanya memahami teori yang diberikan

melainkan juga dapat menyelesaikan dan memecahkan berbagai permasalahan dan

tantangan tersebut. Untuk itu tenaga pendidik harus mampu untuk bisa beradaptasi

dengan perkembangan teknologi saat ini. Peserta didik juga harus mampu untuk

mencoba belajar dengan tiga kemampuan utama, yaitu penekanan kemampuan

untuk memecahkan masalah yang kompleks dan menjadi pemecah masalah untuk

diri sendiri dan banyak orang lain. Penekanan dalam peningkatan kompetensi diri

dalam pengembangan media digital dan juga dalam keterampilan kreatif. Media

baik digital maupun tidak dalam pembelajaran perlu mendapatkan perhatian yang

lebih baik dari peserta didik dan seluruh tenaga pendidik.

Kata kunci : teknologi, proses belajar mengajar, IPTEK.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>