Evaluasi Pembelajaran Secara Daring yang Memanfaatkan Teknologi di era Society 5.0

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Rosa Fahriatuz Zahro
  • Rian Dwi Novianti
  • Lutfiah Hafifatul Jannah

Abstract

Teknologi era society 5.0 sekarang sangat berkembang pesat. Dengan adanya

teknologi energi positif maupun negative muncul secara bersamaan, khususnya

dalam bidang pendidikan yang juga memberikan dampak. Tujuan artikel adalah

untuk mengetahui evaluasi yang harus dilakukan pembelajaran di era society 5.0.

Teknologi pendidikan sendiri adalah satu bidang dalam memfasilitasi anak didik

belajar melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan pemanfaatan

secara sistematis seluruh sumber belajar melalui pengelolaan proses akademik.

Adapun peran teknologi society 5.0 dalam dunia pendidikan yaitu sebagai

pengganti peran manusia dengan melakukan kegiatan otomasi dan juga

memperkuat manusia yaitu menyajikan informasi. Pada pendidikan teknologi

sebagai media ajar yang bisa memberi informasi secara lebih luas dan inovasi

dalam pembelajaran semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan informasi akan

memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau pembelajaran jarak jauh yang

tidak mengharuskan peserta didik dalam satu ruangan berbasis teleconference.

Anak didik saat melakukan pembelajaran jarak jauh bisa juga mengeksplore dirinya

untuk mengembangkan bakat yang mungkin masih terpendam. Kegiatan

pembelajaran yang dilakukan sering kali tidak memberikan efek yang begitu

maksimal terhadap peserta didik karena tidak adanya sosok pendidik yang

dirasakan oleh peserta didik secara langsung. Etika para peserta didik saat mereka

masih melakukan pembelajaran jarak jauh dianggap kurang dikarenakan pendidik

tidak bisa mengontrol dan mengawasi secara langsung serta memberi arahan yang

dirasa kurang benar dalam norma yang berlaku saat ini. Kesimpulannya yang

adalah ada dampak positif dan negative yang muncul, tergantung peserta didik

dalam menyikapi yang lebih tepat, tetapi peserta sebaiknya menyaring informasi

yang didapat dan lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi di era society 5.0.

Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Etika Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>