Penerapan Literasi Permainan (Game) pada Pembelajaran Fisika dalam Menghadapi Rasa Jenuh Siswa di Era 5.0

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Najihah Meilani Putri
  • Andini Septya Nigrum
  • Friska Rindiani

Abstract

Pada era Society 5.0, dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia sangat

membutuhkan literasi, dimana pada era ini lebih berpusat pada manusia yang

berkolaborasi dengan sistem teknologi. Ada beberapa literasi yang biasa digunakan

dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu literasi berbasis digital atau umumnya

dikenal sebagai game. Agar siswa tidak merasa jenuh saat pembelajaran fisika

maka dapat diterapkan literasi game dalam menghadapi era 5.0. Penelitian ini

bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan literasi game dalam

pembelajaran fisika. Kemunduran minat siswa dalam pelajaran fisika diperoleh

hasil bahwa penerapan literasi game dapat menarik minat siswa untuk belajar

fisika. Literasi game tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya guru

atau dosen mengarahkan siwa untuk bermain dadu sebagai contoh penerapan teori

kuantum, dan permainan bad pinggies sebagai penerapan gerak parabola. Dalam

penerapan literasi permainan (game), dosen dan guru berperan sebagai

pendamping, pengarah sistem pendidikan berbasis game, pelatih dan fasilitator.

Penerapan literasi permainan dapat mendukung berkembangnya nilai karakter dan

minat peserta didik terhadap pelajaran fisika. Bisa jadi siswa atau mahasiswa pada

bidang pendidikan di era society 5.0 dalam proses pembelajarannya langsung

berhadapan dengan robot yang dirancang khusus sebagai pendidik atau didesain

khusus untuk dikendalikan oleh pendidik dari jarak jauh. Adapun berbagai cara

yang dapat dilakukan oleh dunia pendidikan di Indonesia dalam menghadapi

pendidikan di era 5.0 yaitu dengan megembangkan SDM agar tidak kalah dengan

perkembangan robot, menyinkronkan pendidikan dan industri, juga meningkatkan

pembinaan bagi pendidik di Indonesia agar lebih mumpuni.

Kata Kunci: Siswa Baru, Rasa Jenuh, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>