Metode Pembelajaran Berbasis IPTEK dan Peran Pendukung dalam Pembelajaran

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Yanuar Abimanyu
  • Dea Ananda Yulia Agustin
  • Septia Rachma Wulansari

Abstract

Inovasi pembelajaran berbasis IPTEK di era society 5.0.sebenarnya banyak

permasalahan yang dihadapi oleh para siswa saat pembelajaran,dari malas belajar,

materi sulit untuk dipahami,materi yang diajarkan disekolah dituntut harus dikuasai

oleh para siswa,dan sebagainya.sebenarnya siswa sangat keberatan dengan ini

semua,tapi tidak heran kalau pendidikan di Indonesia tidak maju karena ini.sudah

tugas seorang tenaga pendidik dan juga orang tua agar anak dan siswa yang ada di

Indonesia bisa menyesuaikan dengan ini semua dengan cara penggunaan teknologi

yang maksimal.dengan menggunakan handphone Android atau dengan

menggunakan laptop,dengan melalui siaran langsung lewat aplikasi zoom atau

pengiriman materi melewati video YouTube.dengan menggunakan e- learning elearning adalah pelatihan, pembelajaran, atau pendidikan yang diberikan secara

online melalui komputer atau perangkat digital lainnya. Hal-hal yang harus

dipersiapkan untuk dapat melakukan eLearning adalah Internet, Mengembangkan

multimedia, peralatan, dan Learning Management Systems.Keuntungan

penggunaan eLearning adalah guru dan siswa tidak harus berada disuatu tempat

secara bersamaan dan waktu pembelajaran yang fleksibel.Video-Assisted Learning

(Pembelajaran berbasis video)Ini adalah strategi dalam pendekatan dalam

mengajar menggunakan video, baik itu yang berhubungan dengan pendidikan atau

konseptual, untuk meningkatkan pemahaman siswa, kemampuan kognitif, dan

keahlian sosial-emosional.Dengan menggunakan video maka materi pelajaran

dapat dibuat menjadi menarik dengan adanya gambar dan suara.metode yang di

gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan cara wawncara

Kata kunci : metode pembelajaran, teknologi, tenaga pendidik 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>