Pemanfaatan Aplikasi Game Online Kahoot sebagai Media Pembelajaran dalam Fisika

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Nisrina Nafisah
  • Sakti Kalisa Sefanda
  • Efi Novita Sari

Abstract

Abstrak pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengamati Pemanfaatan aplikasi

game online kahoot! sebagai media pembelajaran dalam fisika. Kahoot merupakan

salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar

peserta didik. Kahoot juga diterapkan terhadap hasil belajar siswa. Populasi Jenis

penelitian yang digunakan ini dalam pengamatan ini adalah penelitian eksperimen

dengan metode kuasi eksperimen. Dalam pembelajaran fisika yang sering kita temui

biasanya pembelajaran yang ada monoton dan tidak menggugah minat siswa. Hal

tersebut dikarenakan media yang digunakan kurang menarik minat siswa. Oleh karena

itu, kami mengambil game kahoot sebagai media pembelajaran dalam fisika. Apalagi

dalam era teknologi yang sangat maju pesat sekarang ini dan pembelajaran di sekolah

yang sudah menggunakan gadget. Dengan hal ini biasanya peserta didik lebih tertarik

dengan sebuah game yang berisi tentang edukasi seperti ini. Hasil penelitian berupa

pemaparan dari beberapa sumber yang dugunakan untuk mengetahui tingkat

pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai metode pembelajaran yang efisien. Penelitian ini

menyimpulkan bahwa aplikasi game online kahood menjadi salah satu solusi alternatif

dalam metode pembelajaran, yang sesuai dengan generasi Z yang melatih kreatifitas

dalam penggunaan aplikasi.

Kata kunci: Kahoot!, Fisika, game.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>