Dampak Society 5.0 IPTEK terhadap Pembelajaran

Authors

  • Naili Afkarina Universitas Jember
  • Ike Triwulandari
  • Umi Fatimah
  • Nadia Laila Sari

Abstract

Era revolusi industri 5.0 atau era dimana pengenalan IPTEK secara menyeluruh dan

pengoptimalan pembelajaran berbasis teknologi terhadap setiap aspek pendidikan. Pada era

ini memiliki pengaruh atau dampak yang besar dalam pembelajaran terutama dalam aspek

penyesuaian terhadap IPTEK, dikarenakan IPTEK merupakan sarana pembelajaran yang

harus dikuasi oleh semua kalangan terutama mahasiswa. Dampak utama pada era society 5.0

kita harus menguasai IPTEK dengan optimal karena di era ini IPTEK sangat berkembang pesat

sehingga kita diharuskan untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, adaptif, dan juga kompetitif

agar dapat memperoleh informasi dan semakin cepat dalam mengakses semua hal yang

berkaitan dengan pendidikan. Society 5.0 lebih menekankan pada upaya menempatkan manusia

sebagai pusat inovasi (human centered). Adapun kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk

meningkatkan kualitas hidup, tanggung jawab sosial dan berkembang keberlanjutan. Penelitian

ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode study literature. Metode ini mengumpulkan

informasi atau data melalui buku, jurnal atau artikel yang relevan dengan isu yang sedang

dikaji. Society 5.0 muncul sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai

berpotensi mendegradasi peranan manusia itu sendiri. Untuk itu dilakukan nya penelitian ini

agar mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan pada era society 5.0 pada pembelajaran.

Kata Kunci : Dampak, society 5.0, IPTEK, Inovasi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-29

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2