IDENTIFIKASI KINEMATIKA DI JALUR B-29 LUMAJANG PADA KONSEP FISIKA MELALUI RANCANGAN LKS FISIKA SMA

Authors

  • Eka Badhik Junia Nisma Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Saat ini banyak bahan ajar yang telah berhasil dikembangkan. Namun pengembangan bahan ajar tersebut sebagian besar mengkaji fenomena-fenomena fisika dari kehidupan sehari-hari yang kurang meninjau data sesuai fakta yang ada di lapangan. Sumber bahan ajar yang dikembangkan diintegrasi bidang ilmu lain, sehingga konsep-konsep fisika yang seharusnya ada menjadi tidak tersampaikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengkaji data sesuai keadaan yang ada dilapangan, kemudian data-data yang diperoleh dijadikan rancangan Lembar Kerja Siswa yang kontekstual. Penelitian ini mengkaji materi kinematika dengan menggunakan kearifan lokal yang ada di B-29 Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan desain penelitian descriptive analitys. Hasil penelitian yang diperoleh berupa data-data besaran dalam kinematika yang memanfaatkan kearifan lokal B-29 Lumajang. Terdapat 3 jalur identifikasi yang terdiri dari jalur lintasan lurus, lintasan menurun dan lintasan melingkar. Ketiga hasil identifikasi kemudian dijadikan bahan utama rancangan Lembar Kerja Siswa kelas X SMA untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep Kinematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>