PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI RAMBIPUJI PADA MATERI GERAK MELINGKAR

Authors

  • Ludfiatul Hasanah
  • Maryani Maryani
  • Mukhtar Kelana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Rambipuji Jember. Metode pengumpulan data dengan alat ukur tes prestasi belajar fisika pada materi gerak melingkar, dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji satu pihak dengan menggunakan data sampel independen t-test dan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada penggunaan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : mind mapping, gerak melingkar, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-27

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>