PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Hari Anggit Cahyo Wibowo
  • Ahmad Iqbal Majid
  • Faiz Hasyim

Abstract

Pengembangan instrumen diagnostik kemampuan matematika mahasiswa pendidikan fisika bertujuan untuk mengetahui tingkat keberagaman bekal kemampuan matematika mahasiswa. Selanjutnya berdasarkan hasil diagnostik tersebut pengajar dapat memberikan matrikulasi maupuan desain pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Pengembangan instrumen tes diagnostik ini menggunakan metode pengembangan Four-D dengan empat tahapan utama Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran luasan (disseminate). Hasil validasi konstruk dari pengembangan instrumen ini dapat dikatakan valid, sehingga instrumen dapat digunakan untuk mengukur kemampuan matematika mahasiswa pendidikan fisika.
Kata Kunci: pengembangan, instrumen, diagnostik, fisika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-27